ArtikelCerita PerubahanGara-Gara Gula

February 16, 2021by gagas0
Mulai saat itu, saya selalu membaca tabel gizi teh kotak dan mengurangi konsumsinya. — Dede Maryani, Guru Kelas SDN 3 Cilandak Purwakarta

Saya suka sekali minum teh kotak kemasan karena manis dan menyegarkan. Dalam satu hari, saya selalu konsumsi lebih dari 1 kotak. Saat mengikuti pelatihan Gizi Seimbang dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), saya baru tahu kalau konsumsi gula itu ada batas maksimalnya, hanya 4 sendok makan sehari. Pada pelatihan itu juga diajarkan untuk membiasakan membaca tabel gizi saat mengonsumsi makanan kemasan.

Akhirnya mau tidak mau, sejak pelatihan tersebut, saya membiasakan diri membaca tabel gizi teh kotak dan mengurangi konsumsinya. Kalau sudah konsumsi pagi hari, maka saya tidak mau lagi konsumsi di sore hari meskipun ditawari. Memang berat ya mengurangi kebiasaan apalagi mengurangi minuman kesukaan. Tetapi saya takut merusak tubuh saya sendiri.

Saya memang belumĀ  bisa mengubah semua perilaku saya sesuai pedoman gizi seimbang, tetapi saya mencoba sedikit demi sedikit namun terus menerus dilakukan. (afs)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *